RSS

Sistem “Face Detection” untuk kehadiran ( absensi ) :

Kehadiran ( Presensi ) sangatlah penting karena kehadiran seseorang dilihat dari rajin tidaknya orang tersebut. Terlebih dalam kegiatan di suatu kegiatan, Pada scanning wajah menggunakan sistem pengenalan wajah (Face Recognition). Sistem pengenalan wajah ditemukan oleh Sirovich dan Kirby pada tahun 1987 dan dikembangkan oleh Matius Turki dan Alex Pentland.
Proses pengenalan wajah ini menggunakan algoritma Eigenface. Algoritma eigenface adalah seperangkat vektor eigen yang digunakan untuk pengenalan wajah. pada eigen face menggunakan pendekatan model Fisherface yang dapat kepekatan pencahayaan dan pose citra wajah dan proses indifikasi menggunakan motoda Euclidean Distance untuk  mencari jarak terpendek antara nilai eigenface dari training face dan testface kemudian didapat hasil citra wajah yang diketahui.
Dan, Sekolah Mengengah Pertama ( SMP ) 1 Surakarta sudah menerapkan teknologi absensi ini, mulai bulan April 2013 silam, Pemakaian alat deteksi wajah untuk absensi lebih menguntungkan karena setiap siswa tidak mungkin bisa menitipkan absen ke siswa lainnya. Dan cara menggunakannya dengan mendekatkan wajahnya ke alat khusus yang sudah di program, setelah wajah di kenali oleh pendeksi wajah, otomatis sudah dianggap absen.






Sumber :
http://digilib.unpas.ac.id/download.php?id=4578

0 komentar:

Posting Komentar