Permainanvideo (video
game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang
dihasilkan oleh piranti video. Permainan
video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung
berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas
yang ada di dalam permainan.
Namun
ada juga game digunakan untuk alat terapi alternatif untuk :
·
Pemulihan bagi anak penderita autisme dimana
dalam proses pemulihannya banyak melibatkan kemajuan teknologi dan komunikasi.
Dengan bertambahnya peningkatan jumlah anak dengan dengan kebutuhan khusus maka
diperlukan suatu sarana pembelajaran berupa Media Teknologi dan Informasi yang
dapat mengintegrasikan unsur-unsur visual dan audio yang dapat menstimulasi perkembangan
kemampuan pada anak-anak penderita autisme. Teknologi dapat membantu hal
tersebut. Salah satu fasilitas teknologi yang dapat menolong adalah IPad. Ipad dapat membantu
anak-anak penderita autisme untuk dapat belajar dan juga ipad berfungsi sebagai
alat terapi .
Manfaat Ipad dapat meningkatkan kemampuan belajar anak termasuk self
direct learning, meningkatkan keterlibatan dan interaksi
sosial. Aplikasi yang terdapat didalam ipad diharapkan dapat
meningkatkan kemandirian pada anak dengan keterampilan motorik yang terbatas,
gangguan penglihatan , cacat intelektual dan perkembangan dan anak yang
mengalami kesulitan berkomunikasi. Anak yang menderita autisme memiliki
kemampuan yang lebih dibidang visual dan lebih mudah untuk belajar dan
mengingat sesuatu apabila diperlihatkan gambar atau tulisan dengan suatu konsep yang abstrak. Software yang
menggunakan gambar, simbol, dan foto dapat digunakan untuk menghasilkan alat
bantu visual yang dapat membantu kegiatan sehari-hari.
·
Aplikasi Game Therapy Attention Deficit
Hyperactive Disorder Permainan yang dapat digunakan juga sebagai saranaTerapi bagi
para penderita autisme. Alat ini menggunakan Sensor gerak
sejenis Kinect seperti
yang digunakan di perangkat game seperti Xbox atau Wii U. Terdapat 3
pilihan game yang telah disediakan yaitu Catch The Jellyfish, Falling Party,
dan Go Fishing. Pada permainan Catch The Jellyfish pemain harus menangkap Ubur-ubur yang
lewat dengan menggunakan tangan kanannya saja. Sedangkan permainan kedua yaitu
Falling Party, mengharuskan pemain menggerakan kedua tangan kiri dan kanan
untuk menangkap berbagai ikan yang jatuh dari arah atas. Sedangkan permainan
ketiga yaitu Go Fishing, pemain harus memilih satu ikan yang warnanya sesuai
dengan perintah yang diberikan oleh sistem. Selain dapat melatih Konsentrasi dan
fokus anak pendrita autisme, aplikasi game ini juga dapat melatih perkembangan
kognitif mereka. Rencana jangka panjang untuk aplikasi ini adalah akan
dikembangkan untuk tujuan sosial terutama bagi sekolah anak penderita autisme
yang memang membutuhkan. Sekarang, aplikasi ini sudah mulai diterapkan
disekolah berkebutuhan khusus yang ada di kota Malang. Aplikasi game yang
diusung oleh ketiga mahasiswa yang tergabung dalam Raion's Head ini berhasil
meraih Medali emasdalam kategori permainan diajang
kompetisi Gemastik 6.
·
Permainan matematika juga dapat
dipergunakan untuk penyampaian objek langsung. Selain itu, permainan matematika
dapat menimbulkan minat dan motivasi siswa sehingga dapat mengurangi kecemasan
yang ada pada diri siswa. Karena dengan permainan matematika menjadikan siswa
menjadi aktif, berpikir logis dan kritis, sportif, tentunya terjadi kepuasan
pada diri siswa. Manfaat permainan matematika banyak sekali, bahwa dengan
permainan matematika tentunya akan menimbulkan dan meningkatkan minat,
menumbuhkan sikap yang baik, serta melatih keterampilan yang akan diperlukan
dalam upaya menciptakan situasi belajar yang kondusif. Menyambung hal tersebut,
bahwa dengan mengaitkan matematika dengan suatu permainan akan membawa siswa
berkenalan konsep matematika melalui benda-benda konkrit, menambah pengalaman
siswa, dan tertanam konsep matematika.
Sumber :
http://www.m-edukasi.web.id/2013/08/manfaat-permainan-matematika-dalam.html
0 komentar:
Posting Komentar