RSS

Etika dan Profesi

1.     Etika adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.


2.     Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".

      Profesi juga sebagai pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, teknik desainer, tenaga pendidik.


3.     Etika Profesi adalah : Etika sosial yg menyangkut hubungan antar manusia dalam satu lingkup profesi dan masyarakat pengguna profesi tersebut.

     Prinsip‐prinsip umum yang dirumuskan dalam suatu profesi akan berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan perbedaan adat, kebiasaan, kebudayaan, dan peranan tenaga ahli profesi yang didefinisikan dalam suatu negar tidak sama.









Sumber : 
https://www.academia.edu/20025389/Etika_Profesi_-_Pengertian_Etika.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Etika
https://id.wikipedia.org/wiki/Profesi
http://mkusuma.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/362/FadingArticle1.pdf

0 komentar:

Posting Komentar