RSS

RESENSI BUKU

Buku Pertama

Judul Buku      : Komunikasi dan Public Relation
Penulis              : Kadar Nurjaman, S.E. , M.M.
                           Khaerul Umam, S.I.P ,M.Ag. , M.Si.
Penerbit           : CV Pustaka Setia
Cetakan           : 1 Mei 2012
ISBN               : 978-979-076-219-0
Tebal               : 402 halaman






Penulis
Kadar Nurjaman, SE, MM jabatan lama Asisten Ahli Fakultas Syariah dan Hukum jabatan baru Sekretaris Jurusan Administrasi Negara FISIP

Pendahuluan
Buku Komunikasi dan Public Relation disusun karena kebutuhan mahasiswa dan masyarakat umum terhadap buku komunikasi dan public relation yang relatif sangat mendasar, yang dimana memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat umum tentang panduan berkomunikasi dan berhunbungan dengan sesama.

Sinopsis
Studi komunikasi berkembang sebagai bentuk kelanjutan tradisi retorika pada masa yunani kuno. Dimana sudah adanya dialog, debat, diskusi antara filsuf.Pada masa sekarang, dikembangkan sebagai komunikasi, bahkan konsep retorika lebih luas dan mendalam daripada konsep komunikasi.
Retorika pun berkembang menjadi ilmu pengetahuan modern dengan sangat cepat sehingga konsep retorika dapat berdiri sendiri. Akan tetapi, para ahil komunikasi memandang retorika hanya sebagian dari komunikasi. Oleh karena itu, konsep umum dan meyeluruh adalah komunikasi yang membuat retorika dan seluruh ilmu yang berkaitan dengan komunikasi lainnya, seperti public relation. Seluruh ilmu itu berkaitan dengan hubungan antar manusia, seni mengomkomunisasikan pesan-pesan sehingga mudah dipahami orang lain, dan strategi memengaruhi pikiran orang lain melalui bahasa lisan, tulisan maupun menggunakan teknologi audio visual.


Kelebihan :
-          Penjelasan sangat rinci.
-          Menarik untuk dibaca
Kekurangan :
-           


Buku Ke 2

Judul Buku      : Pesan, Tanda, dan Makna
Penulis              : Dr. Marcel Danesi
Penerbit           : JALASUTRA
Cetakan            : April 2012
ISBN                : 978-602-8252-12-6
Tebal                : 420 halaman






Penulis
Dr. Marcel Danesi adalah Profesor Semotika dan Antropologi Linguistik di University of Toronto. Dia juga menjabat Direktur Program Semiotika dan Teori Komunikasi. Danesi telah menerbitkan buku tentang bahasa dan teori tanda, dan telah mendirikan sebuah pusat riset ( Center of Communication and Information Sciences ) untuk mengkaji dan mendokumentasikan peranan bahasa dalam budaya teknologi zaman modern.
Pendahuluan
SPESIES manusia terobsesi dengan kebutuhan untuk mencari alasan keberadaan di planet ini. Hal ini mekasa kita menciptakan “tanda” dan ‘’sistem tanda”, seperti bahasa, mitos, bentuk seni, sains, dan semacamnya, untuk membantu kita menemukan alasan keberadaan kita. Studi mengenai hal ini dan hukum yang mengaturnya di pelbagai budaya di seluruh dunia dirangkum dalam rubik semiotika.
Sinopsis
Pesan , Tanda, dan Makna dapat digunakan secara langsung dalam semiotika, komunikasi, media , atau kajian budaya. Dan dapat digunakan sebagai pelengkap dalam kuliah yang berkaitan dengan area penelitian yang serumpun. Buku ini menimbulkan keselarasan yang beresonansi dengan audiensnya. Istilah semiotik secara esensial bermakna diagnosis medis, namun tidak diterapkan pada kajian hubungan antara simbol manusa dan kenyataanya. Metode semiotika meliputi baik studi tanda-tanda sinkronik maupun diakronik istilah yang di perkenalkan oleh Saussure. Bahasa adalah sistem tanda yang mengeksprsikan gagasan, dan karenanya dapat dibandikan dengan sistem tulisan, alfabet bagi para tuna rungu dan tuna wicara, ritus simbolik, formulasi kesopaan , sinya militer dan lain-lain. Saat ini istilah semiotika lebih disukai, hal ini mungkin karena pengaruh kuat charles pierce.
Semiotika sering disalah mengertikan dengan ilmu komunikasi, walaupun kedua bidang berbagi wilayah metodologis dan teori yang sama, ilmu komunikasi lebih memfokuskan diri pada studi teknis mengenai cara pesan ditransmisi dan pada hukum matematis dan psikologis yang mengatur transmisi, resepsi, dan pemrosesan informasi.
Kelebihan
-          Buku  sangat rinci


0 komentar:

Posting Komentar