RSS

Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu,
terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik,psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi
sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour),
atau analisis organisasi (organization analysis).

Ciri – ciri Organisasi :
  • Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
  • Dikembangkan untuk mencapai tujuan
  • Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
  • Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

Teori Organisasi Klasik
Teori ini biasa disebut teori tradisional atau disebut juga teori mesin. Berkembang mulai abad 19. Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kretifitas.
Definisi organisasi menurut teori ini adalah struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain apabila orang bekerja sama.

Pengalaman Berorganisasi

Untuk memperingati  Hut Indonesia  yang ke 68, Para taruna muda dari karang taruna kami di lingkungan Rt 02 / 01 mengadakan peringatan hari tersebut dengan perlombaan dan malam puncak berupa panggung gembira.
Satu bulan sebelum acara, kami mengadakan rapat dan penyusunan panitia acara. Setelah pembagian tugas, setiap harinya kami mengadakan rapat untuk membahas, penyusunan tugas sebelum acara dan penyusunan tugas selama acara berlangsung. Masing – masing panitia berkumpul untuk menjelaskan dan menjalankan tugas masing – masing. Di setiap minggu akan ada rapat evaluasi.

Kami diharuskan untuk mengumpulkan dana warga dan juga melakukan pembayaran ke berbagai instansi yang berkaitan dalam acara tersebut. Selain itu, kami harus membeli berbagai perlengkapan yang akan digunakan selama acara. 2 hari sebelum acara diadakan rapat besar dan briefling untuk membahas kelengkapan dan jalannya acara. Selama acara berlangsung kami saling bahu membahu dan juga saling melengkapi kekurangan atas panitia lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar